SELAMAT DATANG !

W E L C O M E !

Here I just want to share my opinion, knowledge and insight about everything I know..


Wednesday 18 April 2012

Algoritma dan Flowchart untuk USM STAN

Sekali lagi saya mencoba berbagi sesuatu yang bermanfaat. Kawan-kawan yang sudah akrab dengan dunia IT pasti sudah sering mendengar kata-kata algoritma. Tapi, buat kawan-kawan yang masih belum tahu apa itu algoritma, saya akan coba jelaskan sedikit mengenai apa itu algoritma.

Algoritma

Kata 'Algoritma' berasal dari nama seorang ilmuwan berdarah Persia yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Beliau adalah penulis buku (atau dalam Bahasa Arab disebut kitab) Al-Jabbar Wa Al-Muqabal (atau dalam terjemahan bebasnya adalah 'Pemulihan dan Penyeimbangan). Nama beliau 'Al-Khawarizmi' dieja oleh orang barat sebagai 'Algorism' yang kemudian berkembang menjadi 'Algoritm', sedangkan judul buku beliau dieja oleh orang barat sebagai 'Algebra'.
Algoritma adalah urutan-urutan langkah logis dalam penyelesaian masalah secara logis dan sistematis. Oleh karena Algoritma hanya berupa urutan-urutan langkah untuk melakukan sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah secara logis dan sistematis, maka dalam menyelesaikan suatu masalah, maka Algoritma yang dibuat oleh seseorang bisa berbeda antara satu dengan yang lain, bergantung logika masing-masing. Namun dalam membuat suatu Algoritma, hendaknya kita memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Algoritma harus benar
  2. Hasil yang dicapai harus sedekat mungkin dengan nilai sebenarnya
  3. Efisien
Nah, mungkin seperti itu sedikit penjelasan mengenai Algoritma. Sekarang agar lebih jelasnya, mari kita langsung melihat contoh dari suatu Algoritma untuk kasus berikut:

Ujian Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (USM STAN) akan dilaksanakan kembali pada tahun ini. Seleksi yang dilakukan meliputi seleksi administratif dan seleksi/ujian tulis. Dalam seleksi administratif, STAN mensyaratkan nilai rata-rata Ujian Kelulusan (UAN) minimal 7,5 dan khusus untuk Ujian Bahasa Indonesia minimal bernilai 7. Selanjutnya, untuk seleksi tertulis STAN mengadakan ujian seleksi seperti biasa yang terdiri dari 2 jenis soal yaitu 120 butir soal Tes Potensial Akademik (TPA) dan 60 butir soal Bahasa Inggris. Sistem penilaian tetap seperti biasa yaitu Nilai Benar (B)=+4, Salah (S)=(-1), Kosong/Tidak Diisi (K)=0. Selain itu, berlaku ketentuan nilai mati. Nilai mati adalah nilai minimal peserta untuk dapat lolos dari ujian tulis ini yaitu minimal 1/3 benar dari masing-masing jenis soal (minimal 40 butir soal TPA dan 20 butir soal Bahasa Inggris harus dapat dijawab dengan benar oleh peserta USM STAN). Jumlah mahasiswa yang akan diterima pada USM STAN kali ini adalah sebanyak 1000 orang mahasiswa.

Dari kasus di atas, dapat kita buat suatu Algoritma sederhana sebagai berikut:
  1. Input/masukkan data peserta USM STAN (termasuk data hasil UAN)
  2. Read data Peserta (termasuk data hasil UAN)
  3. Cek nilai rata-rata hasil UAN peserta. Apabila nilai rata-rata UAN peserta kurang dari 7,5, berikan pesan bahwa peserta tidak lolos. Apabila nilai  rata-rata UAN peserta lebih dari 7,5, peserta lanjut ke tahap berikutnya 
  4. Cek nilai UAN Bahasa Indonesia peserta. Apabila nilainya kurang dari 7, berikan pesan bahwa peserta tidak lolos. Apabila nilainya lebih dari 7, peserta lanjut ke tahap berikutnya
  5. Masukkan jawaban peserta pada ujian tulis USM STAN
  6. Read/baca jawaban peserta pada ujian tulis USM STAN
  7. Hitung jumlah jawaban benar peserta
  8. Cek jumlah jawaban benar peserta. Apabila jumlah jawaban benar peserta kurang dari 1/3 jumlah keseluruhan masing-masing tipe soal (TPA benar<40 dan/atau Bahasa Inggris<20), berikan  pesan bahwa peserta tidak lolos.  Apabila jumlah jawaban benar peserta lebih dari 1/3 jumlah keseluruhan masing-masing tipe soal (TPA benar>40 dan Bahasa Inggris>20),  peserta lanjut ke tahap berikutnya 
  9. Hitung nilai ujian tulis USM STAN peserta (B*4+S*(-1)+K*0)
  10. Sortir nilai ujian tulis USM STAN peserta
  11. Cek ranking nilai ujian tulis USM STAN peserta. Apabila ranking ujian tulis USM STAN peserta lebih dari 1000, berikan pesan bahwa peserta tidak lolos. Namun apabila ranking nilai ujian tulis peserta antara 1-1000, peserta dinyatakan lolos
Setelah selesai membuat Algoritmanya, sekarang kita akan membuat Flowchartnya. Namun, sebelum kita membuat Flowchartnya, kita perlu tahu apa Flowchart itu. Untuk itu saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai Flowchart ini.

Flowchart

Flowchart merupakan serangkaian gambar/simbol aliran proses/prosedur suatu kegiatan. Nah oleh karena itu, Flowchart hanya terdiri dari gambar-gambar/simbol-simbol yang mencerminkan aliran proses/prosedur kegiatan, di mana prosedur tersebut sudah kita buat dalam bentuk Algoritma. Jadi secara ringkas, Flowchart adalah gambaran/simbol dari Algoritma. Flowchart terdiri dari beberapa simbol yang berbentuk gambar yang memiliki makna yang berbeda-beda, di mana setiap simbol menggambarkan suatu kegiatan/prosedur pada sistem. Untuk sistem USM STAN di atas, maka Flowchartnya akan berwujud sebagai berikut:



Nah, dapat kita lihat bahwa tiap-tiap simbol dari Flowchart di atas menggambarkan suatu aktivitas tertentu, misalnya membaca data hasil UAN peserta, menyeleksi jumlah jawaban benar peserta, dll. Pada simbol Flowchart yang menggambarkan suatu seleksi, terdapat 2 kemungkinan langkah berikutnya, yaitu Y (YES) untuk peserta yang memenuhi syarat dan N (NO) untuk peserta yang tidak memenuhi syarat. Hal ini menimbulkan konsekuensi juga terhadap langkah selanjutnya dari peserta tersebut. Seperti misalnya, apabila jumlah jawaban benar peserta kurang dari 1/3 jumlah keseluruhan masing-masing tipe soal (TPA benar<40 dan/atau Bahasa Inggris<20) atau peserta tidak memenuhi syarat atau NO, maka sistem akan menolak peserta untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dan memberikan  pesan bahwa peserta tidak lolos.  Namun, apabila jumlah jawaban benar peserta lebih dari 1/3 jumlah keseluruhan masing-masing tipe soal (TPA benar>40 dan Bahasa Inggris>20) atau peserta memenuhi syarat (YES), maka sistem akan mengizinkan peserta untuk lanjut ke tahap berikutnya 

Demikianlah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan ke kawan-kawan sekalian, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Semoga sedikit ilmu yang saya bagikan dapat bermanfat bagi kawan-kawan. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment