SELAMAT DATANG !

W E L C O M E !

Here I just want to share my opinion, knowledge and insight about everything I know..


Thursday 12 April 2012

Bluetooth and Wireless Fidelity: Pros and Cons, Plus and Minus

Kali ini saya akan membahas mengenai sesuatu yang sepertinya (atau semestinya?) tidak lazim lagi terdengar di telinga kita, yaitu masalah Bluetooth dan Wireless Fidelity (Wi-Fi). Sepertinya sedikit gak nyambung ya dengan konsentrasi pendidikan saya sampai saat ini. Tapi berbagi sesuatu yang bermanfaat itu kan tidak ada yang melarang, bahkan justru dianjurkan. Oleh karena itu, izinkan saya sedikit berbagi informasi kepada para pembaca mengenai Bluetooth dan Wireless Fidelity (Wi-Fi). Langsung saja ke TKP...

Bluetooth

Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. Bluetooth sendiri dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah. Pada dasarnya bluetooth diciptakan bukan hanya menggantikan atau menghilangkan penggunaan kabel didalam melakukan pertukaran informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam. Bluetooth menggunakan salah satu dari dua jenis frekuensi Spread Specturm Radio yang digunakan untuk kebutuhan wireless. Jenis frekuensi yang digunakan adalah Frequency Hopping Spread Spedtrum (FHSS), sedangkan yang satu lagi yaitu Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS) digunakan oleh IEEE802.11xxx. Transceiver yang digunakan oleh bluetooth bekerja pada frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific, and Medical).

Aplikasi dan Layanan

Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.

Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet), bahkan untuk daya kelas 1 bisa sampai pada jarak 100 meter. Sistem bluetooth menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint. Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera digital,
printer, router dan masih banyak peralatan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan  bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch (notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya. Contoh modul aplikasi beberapa peralatan yang kemungkinan dapat menggunakan teknologi bluetooth dapat dilihat seperti Gambar di bawah ini.


Dalam transceiver bluetooth ada tiga kelas pembagian daya yaitu :
  1. Daya kelas 1 beroperasi antara 100 mW (20dBm) dan 1mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 100m.
  2. Daya kelas 2 beroperasi antara 2,5 mW (4dBm) dan 0,25mW (-6dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 10m.
  3. Daya kelas 3 beroperasi pada 1 mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan pendek atau sekitar 1m.


Wireless Fidelity (Wi-Fi)

Wi-Fi, adalah singkatan dari wireless fidelity, merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi, sebuah teknologi jaringan nirkabel yang digunakan di seluruh dunia. Wi-Fi mengacu pada sistem yang menggunakan standar 802.11, yang dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan dirilis pada tahun 1997. Istilah Wi-Fi, yang dieja sebagai alternatif WaiFi, Wai-fi, Waifi, atau waifi, didorong oleh Aliansi Wi-Fi, sebuah kelompok perdagangan yang dirintis komersialisasi teknologi.



Dalam jaringan Wi-Fi, komputer dengan kartu jaringan wifi terhubung tanpa kabel ke router nirkabel. Router tersambung ke Internet melalui modem, biasanya kabel atau modem DSL. Setiap pengguna dalam jarak 200 kaki atau lebih (sekitar 61 meter) dari titik akses kemudian dapat terhubung ke Internet, meskipun untuk kecepatan transfer yang baik, jarak 100 kaki (30,5 meter) atau kurang lebih baik. Pengecer juga menjual penguat sinyal wireless yang memperpanjang jangkauan jaringan nirkabel.


Wi-fi jaringan dapat menjadi “open”, sehingga siapapun dapat menggunakannya, atau “closed”, dalam hal ini dibutuhkan password. Area yang diselimuti akses nirkabel ini sering disebut area hotspot nirkabel.
Wifi menggunakan teknologi radio untuk komunikasi, biasanya beroperasi pada frekuensi 2.4GHz. Elektronik yang “WiFi Certified” terjamin interoperate satu sama lain tanpa mengenal merek. Wifi adalah teknologi yang dirancang untuk memenuhi sistem komputasi ringan masa depan dengan mengkonsumsi daya minimal. PDA, laptop, dan berbagai aksesoris dirancang untuk wifi-kompatibel. Bahkan ada ponsel dalam pengembangan yang akan beralih mulus dari jaringan selular ke jaringan wifi tanpa mengabaikan panggilan masuk.

Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi
Setelah sedikit tahu tentang apa itu Bluetooth dan Wi-Fi, kini saatnya kita beranjak ke pembahasan berikutnya yaitu mengenai perbedaan antara Bluetooth dan Wi-Fi. Secara umum, ada beberapa perbedaan mendasar antara dua jenis penghubung gadget nirkabel ini, di antaranya meliputi jarak jangkaunya, standar yang digunakan, sambungan dan instalasi, jenis jaringan, data transfer, dan aplikasinya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita tinjau masing-masing.

Jangkauan



Wi-fi telah menjadi favorit untuk membuat LAN (Local Area Network) di rumah-rumah dan kantor sejak awal. Hal ini sangat jelas bahwa proses di rumah menjadi mudah, jika kita tidak perlu mengintegrasikan kabel LAN di sistem kita untuk membentuk jaringan, untuk berbagi koneksi internet. Di kantor, penggunaan LAN nirkabel menyebabkan pengurangan biaya instalasi LAN. Kisaran jangkauan wi-fi cukup luas, sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel (pemancar). Bluetooth, di sisi lain memiliki jarak sekitar 30 kaki (9 meter).




Standar 


Seperti telah disebutkan, bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Baru-baru ini instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar bluetooth 2.0.




Sambungan dan Instalasi

perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan dengan demikian mereka tidak perlu dikonfigurasi. Kita bisa langsung memilih perangkat diaktifkan bluetooth lain yang kita inginkan untuk mentransfer data. Jika kita ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi, maka yang perlu kita lakukan adalah membeli adaptor bluetooth saja. Bluetooth dongle dilengkapi dengan setup CD dan kita tinggal menginstal setup untuk mengaktifkan piranti bluetooth. Namun, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk mengaktifkan jaringan wi-fi, kita perlu menginstal router dan modem.


Jenis Jaringan


Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi, yang mana kita tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN) demgan bluetooth. Bluetooth memungkinkan kita untuk membentuk PAN (Personal Area Network).




Data Transfer


Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Dengan menggunakan Bluetooth, kita dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 Kbps. Dengan menggunakan wi-fi kecepatan transfer data kita akan lebih rendah dari itu. Jika kita terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download kita akan lebih kecil dari apa yang akan kita dapatkan ketika kita terhubung menggunakan internet broadband.




Aplikasi Wi-Fi dan Bluetooth

Karena semua perbedaan yang disebutkan di atas, terdapat perbedaan antara wi-fi dan bluetooth di bagian aplikasi mereka juga. Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer, dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Kita dapat mengakses printer dari komputer kita dengan mengaktifkan bluetooth printer. Dengan menggunakan wi-fi, kita tidak hanya dapat melakukan transfer data kecil, tetapi juga dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa perangkat lain dalam jaringan. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam LAN nirkabel. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin. Namun, kita dapat menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan bluetooth, jika kita dapat mengakses internet dengan GPRS dengan cara mengaktifkan bluetooth telepon seluler kita dan mengaktifkan bluetooth komputer kita.
Wi-fi adalah teknologi yang telah dipakai lebih lama, dibandingkan dengan bluetooth. Hampir semua komputer yang diproduksi saat ini memiliki kartu LAN nirkabel terpasang di dalamnya. Bluetooth adalah teknologi yang relatif baru. Tapi produsen ponsel dan laptop telah mulai mengintegrasikan fasilitas ini dalam perangkat yang mereka produksi. Perbedaan utama antara wi-fi dan bluetooth adalah jarak jangkauan bluetooth yang digunakan tidaklah seluas wi-fi. Selain itu, standar bluetooth dikenal sangat baik, karena kecepatan transfer data yang tinggi dan keamanan data yang tersedia.

Sumber:
Modul 16 Percobaan 7 Sistem Komunikasi Bluetooth Untuk Tranmisi Data

Tahukah Anda Apa itu Wi-Fi

Perbedaan Antara Wi-Fi dan Bluetooth


No comments:

Post a Comment